Selasa, 17 November 2009

konsep esensial geografi

KONSEP ESENSIAL GEOGRAFI

1. Konsep Lokasi

o Konsep lokasi itu merupakan konsep utama yang telah menjadi ciri khusus ilmu/pengetahuan Geografi.Lokasi dapat dibagi menjadi dua,yaitu:

a. Lokasi Absolut menunjukkan letak yang tetap terhadap sistem Grid (jaring)/sistem koordinat.Lokasi Absolut sering disebut dengan Letak Astronomis

b. Lokasi Relatif lokasi yang dipengaruhi daerah sekitarnya.Lokasi Relatif ini sering disebut Letak Geografis.

2. Konsep Jarak

o Konsep jarak mrupakan konse yang berkaitan dengan kehidupan sosial,ekonomi,dan pertahanan.Jarak merupakan faktor pembatas yang bersifat alami,meskipun arti pentingnya bersifat relatifsejalan dengan kemajuan kehidupan & tekhnologi.Jarak terbagi menjadi :

a. Jarak Absolut adalah jarak seseunggunya yang ditarik lurus oleh dua titik.

b.Jarak Relatif adalah jarak yang didasarkan atas pertimbangan waktu,kemdahan transportasi dsb.

3. Konsep Keterjangkauan

o Konsep keterjangkauan (accebility) merupakan konsep yang berkaitan dengan kemudahan/ketersediaan sarana dan prasarana.Aksebilitas uga dapat dipengaruhi oleh faktor budaya di suatu tempat.

4. Konsep Pola

o Konsep Pola di titik beratkan pada keruangan,baik fenomena yang bersifat alami maupun fenomena sosial budaya.

5. Konsep Morfologi

o Konsep Morfologi merupakan konsep yang menjelaskan bentuk-bentuk rupa bumi/lahan yang ada kaitannya dengan proses pengikisan,pengendapan,pengangkatan dan penurunan lapisan muka bumi.hal ini menyebabkan perubahan bentuk-bentuk rupa bumi seperti : pulau-pulau,daratan luas yang memiliki pegunungan dengan lereng-lereng tereosi,lembah-lembahdan dataran aluvialnya.

6. Konsep Aglomerasi

o Konsep Aglomerasi adalah konsep yang berusaha mengungkap kecenderungan persebaran gejala geografis yang mengelompok pada suatu tempat.Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor yang menguntungkan/homogen seperti penyediaan sarana pendidikan,sarana kesehatan/sarana ekonomi.Aglomerasi dapat dapat menimbulkan efisiensi tinggi dalam pemasaran/pelayanan umum.

7. Konsep Nilai Kegunaan

o Nilai suatu tempat mempunyai nilai guna yang berbeda dilihat dari fungsinya.Nilai Kegunaan bersifat relatif.

Ex : Daerah dataran banjir sebagai lokasi permukiman,memiliki nilai kegunaan yang rendah,tapi mempunyai nilai kegunaan yang inggi bagi petani.

8. Konsep Interaksi dan Interdepensi

o Konsep yang berkaitan dengan hubungan saling ketergantungan antar dua tempat.

Ex : Desa dengan Kota

9. Konsep Diferensasi Area

o Konsep yang mengitegrasikan fenoena menjadikan suatu tempat/wilayah yang memiliki corak tersendiri sebagai Region yang berbeda dari tempat/wilayah lain (differensasi area).Pembentukan karakteristik wilayah juga dipengauhi aspek waktu.

10. Komsep Keterkaitan Keruangan

o Konsep yang menunjukkan derajat keterkaitan antar wilayah,baik alam maupun alam sosial.Alang-alang berada di tempat terbuka yang mendapat sinar matahari dan tidak ditanami tumbuhan.Sebaliknya,lumut akan tumbuh di daeah yang kurang mendapat sinar matahari dan memiliki tingkat kelembapan yang tinggi.

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes